Forum Ninja 250R Community
 
IndeksPORTALPendaftaranLogin

Share | 
 

 EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3, 4, 5, 6  Next
PengirimMessage
ikhsaint
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 107
Age : 32
Lokasi : SOERABAJA
Points : 0
Registration date : 03.08.08

PostSubyek: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   29/8/2008, 14:25

perTanyaan newbie....efek ban di isi pake nitrogen apaan yachhh...??? harap pencerahannya??? kesel abis rabbit
Kembali Ke Atas Go down
http://www.initehsusu.com
ahimawa
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 953
Age : 34
Lokasi : Jakarta
Points : 60
Registration date : 06.06.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   29/8/2008, 15:24

lebih enteng..teng..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
zka
Admin
Admin


Male Number of posts : 1388
Age : 31
Lokasi : Cinere - Depok
Points : 202
Registration date : 03.06.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   29/8/2008, 16:22

lebih dingin dari oksigen dan lebih padat sehingga jarang kempes <cmiiw>

_________________
-- Ninja 250R Community
-- Twitter
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kecoak-elektronik.net/
Guest
Tamu



PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   29/8/2008, 20:27

sangat bagus buat di sirkuit, empuk banget bro. tapi kalo seandainye di jalan ternyata kempes, dan harus isi angin di pinggir jalan dibuang aj semua nitrogennye sebelum diisi angin biasa. pernah denger, kata mekanik kalo angin biasa dicampur nitrogen bisa meledak. cmiiw
kalo buat harian si angin biasa aj bro
Kembali Ke Atas Go down
AKasmy
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 991
Lokasi : Black N250R (JKT-SEL)
Points : 17
Registration date : 20.05.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   29/8/2008, 20:36

Kalau ban diisi helium kayak balon bisa terbang nggak yah N250R nya...?? Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://akasmy.wordpress.com/
ahimawa
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 953
Age : 34
Lokasi : Jakarta
Points : 60
Registration date : 06.06.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   29/8/2008, 20:45

bisa bro kan isi heliumnya diatas pesawat.. lol!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
ikhsaint
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 107
Age : 32
Lokasi : SOERABAJA
Points : 0
Registration date : 03.08.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   31/8/2008, 09:31

weh...jadi enteng teng teng tapi bisa meledak..... bounce cherry
Kembali Ke Atas Go down
http://www.initehsusu.com
Jimmy B
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1305
Age : 44
Lokasi : Brisbane, Australia
Points : 7
Registration date : 14.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   31/8/2008, 10:43

kalo diisi duit gimana ya? he he he
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
ofik
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1454
Age : 29
Lokasi : banDung..
Points : 77
Registration date : 02.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   31/8/2008, 10:49

hhmm...

mobil sayah pake nitrogen bwat ngisi bannya.. kerasa banget bedanya..
emang recommended (menurut saya pribadi) deh ngisi ban pake nitrogen..
tapi klo ninin sihhh............ Very Happy

blom brani di apa2in...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ventura.co.nr
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 903
Age : 36
Lokasi : ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points : 18
Registration date : 29.06.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   31/8/2008, 15:39

sepertinya perlu dicoba nih...siapa tau berpengaruh besar buat rider yg berbobot gede seperti saya ini ...jadi beban motor bisa sedikit berkurang
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
fakie
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 117
Age : 37
Points : 91
Registration date : 12.08.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   31/8/2008, 20:46

ikutan ahhh bro..20rban ditukang velg mbil biasanya
Kembali Ke Atas Go down
ofik
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1454
Age : 29
Lokasi : banDung..
Points : 77
Registration date : 02.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   31/8/2008, 20:58

betul sekali bang fakie...

pinggir jalan mah mana ada yang sedia terima isi nitrogen...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ventura.co.nr
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 903
Age : 36
Lokasi : ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points : 18
Registration date : 29.06.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   4/9/2008, 18:08

PLAZA BRIDGESTONE di daerah gw letaknya di pinggir jalan....bisa isi nitrogen, spooring, balancing
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
wheyfrenz
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 227
Age : 31
Points : 22
Registration date : 09.08.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   4/9/2008, 18:29

hayo ukuran anginnya brapa ni kalo 11./70 dan 140/70?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=878539
Danny Hendarko



Male Number of posts : 1
Age : 46
Points : 0
Registration date : 05.09.08

PostSubyek: Tekanan Angin kalau diisi Nitrogen   5/9/2008, 14:25

Mohon informasinya, berapa ya tekanan angin untuk ban depan dan belakang Ninja 250 kalau diisi Nitrogen. Kalau mobil khan biasanya 32. Thanks a lot
Kembali Ke Atas Go down
http://profile.myspace.com/index.cfm?fuseaction=user.viewprofile
Arie
Calon Jendral
Calon Jendral


Male Number of posts : 18
Age : 43
Lokasi : Pamulang
Points : 3
Registration date : 28.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 14:42

dari milist sebelah nih semoga membantu buat bro Danny



Ban adalah komponen penting pada kendaraan. Apapun kendaraannya (mobil, motor, sepeda, angkutan umum, truk, dan sebagainya) tekanan gas (angin) dalam ban perlu diperhatikan agar kinerja (grip/daya cengkram) ban terhadap jalan tetap optimal dan umur pakai ban menjadi lebih panjang.

Jika tekanan gas di dalam ban lebih rendah dari yang disarankan, maka bidang yang menapak dan mencengkram jalan tidak merata sehingga bidang tapaknya menjadi lebih sedikit yaitu hanya pada daerah pinggir ban saja.

Begitu juga jika tekanannya berlebihan dari yang dianjurkan, maka yang menapak hanya daerah tengah ban saja. Akibat dari kekurangan dan kelebihan tekanan gas tersebut adalah tapak ban akan menipis tidak merata, sering orang menyebut “botak luar, atau botak dalam”. Sebaliknya apabila tekanan gas di dalam ban diisi sesuai anjuran, maka bidang tapak ban yang mencengkram jalan menjadi lebih luas dan merata. Untuk keamanan berkendara akan lebih terjamin.

Ban yang habis tidak merata juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen lain seperti Shock Breaker (Shock Absorber), suspensi, pengereman mendadak, kondisi jalan, Posisi kelurusan roda (perlu spooring), Keseimbangan roda (perlu di Balance), dan lain-lain.

Setiap ban yang terpasang pada velg perlu dibalance untuk menjaga keseimbangan ban saat berputar.


Gas Pengisi Ban

Ban yang diisi gas (angin) bertekanan tertentu umumnya terdiri dari 21% gas Oksigen dan 78% gas Nitrogen. Dimana campuran gas tersebut didapat dari udara sekitar pompa gas/angin tersebut, atau gas yang kita hirup sehari-hari.
Partikel gas Oksigen lebih kecil dibanding gas Nitrogen, sehingga gas Oksigen bisa tiga kali lebih cepat merembes keluar ketimbang gas Nitrogen, melalui celah-celah halus sambungan ban terhadap pelek maupun mekanik sekat/valve pada pentil (ventil).

Secara perlahan tapi pasti, membuat ban mobil akan berkurang tekanan gas nya dan perlu selalu di cek tekanannya, jika kurang segera tambahkan hingga sesuai anjuran pabrik mobil maupun spek ban yang digunakan. Tekanan gas yang kurang membuat berkurangnya keamanan dan kenyamanan, juga membuat BBM boros.

Udara yang bertekanan cenderung bersifat lembab, untuk yang masih menggunakan velg dari bahan besi dapat membantu proses terjadinya karat yang tentunya merusak velg itu sendiri.

Kita dianjurkan untuk melakukan pengecekan tekanan ban pada kondisi ban dingin, ini dikarenakan saat ban digunakan (berkendara), suhu gas dalam ban akan meningkat (panas). Meningkatnya suhu gas tersebut membuat naiknya tekanan gas dalam ban. gas Nitrogen (N2) di klaim memiliki tekanan yang stabil terhadap perubahan suhu kerja ban, sehingga akan aman untuk kendaraan yang sering dipacu kencang (ngebut) maupun mengangkut beban berat.

Ikuti anjuran yang tertera pada panel rekomendasi tekanan ban yang biasanya terpasang pada pilar pintu mobil maupun rangka motor jika menggunakan ban standar, atau ikuti anjuran dari ban yang digunakan jika spesifikasi ban tersebut tidak tertulis dalam panel rekomendasi tekanan ban.


Gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban

Dikarenakan partikel gas Nitrogen (N2) lebih besar dibandingkan Oksigen (O2), maka N2 dapat mencegah terjadinya kebocoran (rembesan) yang menyebabkan berkurangnya tekanan gas (angin) pada ban. Selain itu Nitrogen aman digunakan karena tidak bisa terbakar, tidak berbau, dan merupakan bagian dari gas yang ada di atmosfir yang juga kita hirup sehari-hari.

Untuk membedakan mana ban yang di dalamnya berisi gas biasa dan yang berisi gas N2, umumnya disepakati dengan menggunakan tutup pentil (ventil) berwarna Hijau bertuliskan N2 untuk ban yang diisi gas N2.

Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban

1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban - overpressure)

N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.


Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal

Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu - 10ribu rupiah.
2. Perawatan

Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan

Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.

NOTE:
Apabila tekanan N2 berkurang dan tidak ditemukan bengkel yang menyediakan pengisian N2, kita dapat menambahkannya dengan gas / angin ban seperti biasa yang mudah ditemui di tepi jalan, sebagai langkah darurat. Namun apabila kita sudah dapat menemukan bengkel yang menyediakan pengisian N2, sebaiknya ban tersebut kembali dikuras ulang untuk diisi kembali dengan gas N2 murni.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kawasaki.com
winoto
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 169
Age : 41
Lokasi : Bintaro, Jak Sel
Points : 5
Registration date : 15.08.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 15:16

Nice info bro..
Btw, pamulang ya..ingat waktu tempo dulu...mangkal ama temen2
Kembali Ke Atas Go down
http://www.samsung.com
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 903
Age : 36
Lokasi : ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points : 18
Registration date : 29.06.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 16:57

sekarang saya pake Nitrogen untuk Ban N250R.....Motor lumayan enak di kendarai (mungkin karna pengaruh Ban Pirelli juga)....kemaren isi 1 Ban =Rp.5.000 , tapi untuk mobil yg mau spooring & balancing biasanya dikasi gratis.


Terakhir diubah oleh suhud tanggal 5/9/2008, 17:48, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
tjiptokw
Calon Jendral
Calon Jendral


Male Number of posts : 39
Age : 51
Points : 0
Registration date : 02.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 17:02

wheyfrenz wrote:
hayo ukuran anginnya brapa ni kalo 11./70 dan 140/70?

Pertanyaan bagus nih...gw jg pengen tau...soalnya menurut si tukang bannya harus dinaekkin 2 point dari aslinya 28/32, jadi waktu gw ngisi nitrogen jadi 30/34...bener apa gak rumus itu...ane serahin sama jawaban rakyat banyak deh....
Kembali Ke Atas Go down
tom
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 117
Lokasi : Jakarta
Points : -6
Registration date : 23.05.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 17:51

Owe juga pake Nitrogen....sebelumnya gas angin biasa...lebih enak sih and enteng empuk gtu....but kalo tarikan blum tahu hehhehe karena masihmaen di 4000RPM masih virgin sih..baru 200KM an..hehehehhehe
Kembali Ke Atas Go down
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 903
Age : 36
Lokasi : ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points : 18
Registration date : 29.06.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 17:55

kalo saya di serahkan ke ahlinya....kemaren waktu isi nitrogen seluruh angin di kuras dulu sampe bener2 habis...untuk tekanan si mekanik sepertinya ngeliat rekomendasi tekanan yg di anjurkan untuk ban yg bersangkutan yg tertera di ban tersebut....
kalo saya pribadi yg namanya "daya tekanan ban" baik itu angin biasa atau Nitrogen rasanya sama aja karena sudah di ukur tekanannya segitu....
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
Jimmy B
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1305
Age : 44
Lokasi : Brisbane, Australia
Points : 7
Registration date : 14.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 18:34

Loh avatarnya bro Tom kok jadi kayak punya Azel dulu...

Narsis abis dg 6-packnya....ha ha ha
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
dark_knight
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1514
Age : 35
Lokasi : Bandung City
Points : 325
Registration date : 24.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   6/10/2008, 20:14

yang jelas perbedaan utama antara nitrogen dan angin biasa...adalahh kl angin biasa Rp.500 sekali isi...kl nitrogen Rp.5000 sekali isi... lol!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.proxynet156.com
Abdy
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 451
Age : 39
Lokasi : Jakarta Timur
Points : 37
Registration date : 02.09.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   7/10/2008, 09:01

Betul Bro, tp Nitrogen lebih baguslah buat ninin kita, kan sayang harga motor ninin mahal masasih diisi pakai angin yuang murahan Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
ekin_clong
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 284
Age : 34
Lokasi : Cengkareng
Points : 77
Registration date : 05.11.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   20/11/2008, 01:13

hmmmmm info aja dari temen g yg tukang ban sekaligus anak club moge...
dia blg motor kl pake harian enak pake nitrogen, ban lbh awet, gk gampang kempes, empuk n enteng...
tapi kl buat di circuit ( rebah2an ) jgn pake nitrogen, apalagi kl cuaca tidak panas alias lagi mendung.. dimana kondisi aspal dingin... nah kl pake nitrogen, ban gk panas2 jadi pas ngerebah kurang grip...

pengalaman dia pake moge isi nitrogen pernah hampir jumpalitan gara2 mau rebah tapi malah sliding... akhirnya dia buang semua nitrogen ganti angin biasa... dia cb lagi setelah bbrp puteran n lbh grip dari sebelumnya waktu pake nitrogen...

Jadi bingung kan? hahaha... g jg bingung.. ktnya nitrogen dipake di mobil balap F1... ini malah gk grip kl pake nitrogen...
Kembali Ke Atas Go down
http://friendster.com/ekinclong
Sponsored content




PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   Today at 05:19

Kembali Ke Atas Go down
 
EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 6Pilih halaman : 1, 2, 3, 4, 5, 6  Next
 Similar topics
-
» EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??
» Apakah haram ganti koil bila sudah pake CDI Racing??
» Beda Nitrogen Ama Angin Biasa
» Efek pakai pengapian yg pny ampere lbh besar dr ampere aki???
» efek air yg tercampur dalam bbm

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ninja 250R Community :: NINJA 250R :: Ban dan Velg-
Navigasi: