Forum Ninja 250R Community
 
IndeksPORTALPendaftaranLogin
Share | 
 

 EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next
PengirimMessage
Arie
Calon Jendral
Calon Jendral


Male Number of posts: 18
Age: 41
Lokasi: Pamulang
Points: 3
Registration date: 28.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 14:42

dari milist sebelah nih semoga membantu buat bro Danny



Ban adalah komponen penting pada kendaraan. Apapun kendaraannya (mobil, motor, sepeda, angkutan umum, truk, dan sebagainya) tekanan gas (angin) dalam ban perlu diperhatikan agar kinerja (grip/daya cengkram) ban terhadap jalan tetap optimal dan umur pakai ban menjadi lebih panjang.

Jika tekanan gas di dalam ban lebih rendah dari yang disarankan, maka bidang yang menapak dan mencengkram jalan tidak merata sehingga bidang tapaknya menjadi lebih sedikit yaitu hanya pada daerah pinggir ban saja.

Begitu juga jika tekanannya berlebihan dari yang dianjurkan, maka yang menapak hanya daerah tengah ban saja. Akibat dari kekurangan dan kelebihan tekanan gas tersebut adalah tapak ban akan menipis tidak merata, sering orang menyebut “botak luar, atau botak dalam”. Sebaliknya apabila tekanan gas di dalam ban diisi sesuai anjuran, maka bidang tapak ban yang mencengkram jalan menjadi lebih luas dan merata. Untuk keamanan berkendara akan lebih terjamin.

Ban yang habis tidak merata juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen lain seperti Shock Breaker (Shock Absorber), suspensi, pengereman mendadak, kondisi jalan, Posisi kelurusan roda (perlu spooring), Keseimbangan roda (perlu di Balance), dan lain-lain.

Setiap ban yang terpasang pada velg perlu dibalance untuk menjaga keseimbangan ban saat berputar.


Gas Pengisi Ban

Ban yang diisi gas (angin) bertekanan tertentu umumnya terdiri dari 21% gas Oksigen dan 78% gas Nitrogen. Dimana campuran gas tersebut didapat dari udara sekitar pompa gas/angin tersebut, atau gas yang kita hirup sehari-hari.
Partikel gas Oksigen lebih kecil dibanding gas Nitrogen, sehingga gas Oksigen bisa tiga kali lebih cepat merembes keluar ketimbang gas Nitrogen, melalui celah-celah halus sambungan ban terhadap pelek maupun mekanik sekat/valve pada pentil (ventil).

Secara perlahan tapi pasti, membuat ban mobil akan berkurang tekanan gas nya dan perlu selalu di cek tekanannya, jika kurang segera tambahkan hingga sesuai anjuran pabrik mobil maupun spek ban yang digunakan. Tekanan gas yang kurang membuat berkurangnya keamanan dan kenyamanan, juga membuat BBM boros.

Udara yang bertekanan cenderung bersifat lembab, untuk yang masih menggunakan velg dari bahan besi dapat membantu proses terjadinya karat yang tentunya merusak velg itu sendiri.

Kita dianjurkan untuk melakukan pengecekan tekanan ban pada kondisi ban dingin, ini dikarenakan saat ban digunakan (berkendara), suhu gas dalam ban akan meningkat (panas). Meningkatnya suhu gas tersebut membuat naiknya tekanan gas dalam ban. gas Nitrogen (N2) di klaim memiliki tekanan yang stabil terhadap perubahan suhu kerja ban, sehingga akan aman untuk kendaraan yang sering dipacu kencang (ngebut) maupun mengangkut beban berat.

Ikuti anjuran yang tertera pada panel rekomendasi tekanan ban yang biasanya terpasang pada pilar pintu mobil maupun rangka motor jika menggunakan ban standar, atau ikuti anjuran dari ban yang digunakan jika spesifikasi ban tersebut tidak tertulis dalam panel rekomendasi tekanan ban.


Gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban

Dikarenakan partikel gas Nitrogen (N2) lebih besar dibandingkan Oksigen (O2), maka N2 dapat mencegah terjadinya kebocoran (rembesan) yang menyebabkan berkurangnya tekanan gas (angin) pada ban. Selain itu Nitrogen aman digunakan karena tidak bisa terbakar, tidak berbau, dan merupakan bagian dari gas yang ada di atmosfir yang juga kita hirup sehari-hari.

Untuk membedakan mana ban yang di dalamnya berisi gas biasa dan yang berisi gas N2, umumnya disepakati dengan menggunakan tutup pentil (ventil) berwarna Hijau bertuliskan N2 untuk ban yang diisi gas N2.

Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban

1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban - overpressure)

N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.


Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal

Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu - 10ribu rupiah.
2. Perawatan

Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan

Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.

NOTE:
Apabila tekanan N2 berkurang dan tidak ditemukan bengkel yang menyediakan pengisian N2, kita dapat menambahkannya dengan gas / angin ban seperti biasa yang mudah ditemui di tepi jalan, sebagai langkah darurat. Namun apabila kita sudah dapat menemukan bengkel yang menyediakan pengisian N2, sebaiknya ban tersebut kembali dikuras ulang untuk diisi kembali dengan gas N2 murni.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kawasaki.com
winoto
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts: 169
Age: 39
Lokasi: Bintaro, Jak Sel
Points: 5
Registration date: 15.08.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 15:16

Nice info bro..
Btw, pamulang ya..ingat waktu tempo dulu...mangkal ama temen2
Kembali Ke Atas Go down
http://www.samsung.com
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts: 903
Age: 34
Lokasi: ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points: 18
Registration date: 29.06.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 16:57

sekarang saya pake Nitrogen untuk Ban N250R.....Motor lumayan enak di kendarai (mungkin karna pengaruh Ban Pirelli juga)....kemaren isi 1 Ban =Rp.5.000 , tapi untuk mobil yg mau spooring & balancing biasanya dikasi gratis.


Terakhir diubah oleh suhud tanggal 5/9/2008, 17:48, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
tjiptokw
Calon Jendral
Calon Jendral


Male Number of posts: 39
Age: 49
Points: 0
Registration date: 02.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 17:02

wheyfrenz wrote:
hayo ukuran anginnya brapa ni kalo 11./70 dan 140/70?

Pertanyaan bagus nih...gw jg pengen tau...soalnya menurut si tukang bannya harus dinaekkin 2 point dari aslinya 28/32, jadi waktu gw ngisi nitrogen jadi 30/34...bener apa gak rumus itu...ane serahin sama jawaban rakyat banyak deh....
Kembali Ke Atas Go down
tom
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts: 117
Lokasi: Jakarta
Points: -6
Registration date: 23.05.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 17:51

Owe juga pake Nitrogen....sebelumnya gas angin biasa...lebih enak sih and enteng empuk gtu....but kalo tarikan blum tahu hehhehe karena masihmaen di 4000RPM masih virgin sih..baru 200KM an..hehehehhehe
Kembali Ke Atas Go down
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts: 903
Age: 34
Lokasi: ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points: 18
Registration date: 29.06.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 17:55

kalo saya di serahkan ke ahlinya....kemaren waktu isi nitrogen seluruh angin di kuras dulu sampe bener2 habis...untuk tekanan si mekanik sepertinya ngeliat rekomendasi tekanan yg di anjurkan untuk ban yg bersangkutan yg tertera di ban tersebut....
kalo saya pribadi yg namanya "daya tekanan ban" baik itu angin biasa atau Nitrogen rasanya sama aja karena sudah di ukur tekanannya segitu....
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
Jimmy B
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts: 1305
Age: 41
Lokasi: Brisbane, Australia
Points: 7
Registration date: 14.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   5/9/2008, 18:34

Loh avatarnya bro Tom kok jadi kayak punya Azel dulu...

Narsis abis dg 6-packnya....ha ha ha
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
dark_knight
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts: 1514
Age: 33
Lokasi: Bandung City
Points: 325
Registration date: 24.07.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   6/10/2008, 20:14

yang jelas perbedaan utama antara nitrogen dan angin biasa...adalahh kl angin biasa Rp.500 sekali isi...kl nitrogen Rp.5000 sekali isi... lol!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.proxynet156.com
Abdy
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts: 449
Age: 37
Lokasi: Jakarta Timur
Points: 33
Registration date: 02.09.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   7/10/2008, 09:01

Betul Bro, tp Nitrogen lebih baguslah buat ninin kita, kan sayang harga motor ninin mahal masasih diisi pakai angin yuang murahan Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
ekin_clong
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts: 284
Age: 32
Lokasi: Cengkareng
Points: 77
Registration date: 05.11.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   20/11/2008, 01:13

hmmmmm info aja dari temen g yg tukang ban sekaligus anak club moge...
dia blg motor kl pake harian enak pake nitrogen, ban lbh awet, gk gampang kempes, empuk n enteng...
tapi kl buat di circuit ( rebah2an ) jgn pake nitrogen, apalagi kl cuaca tidak panas alias lagi mendung.. dimana kondisi aspal dingin... nah kl pake nitrogen, ban gk panas2 jadi pas ngerebah kurang grip...

pengalaman dia pake moge isi nitrogen pernah hampir jumpalitan gara2 mau rebah tapi malah sliding... akhirnya dia buang semua nitrogen ganti angin biasa... dia cb lagi setelah bbrp puteran n lbh grip dari sebelumnya waktu pake nitrogen...

Jadi bingung kan? hahaha... g jg bingung.. ktnya nitrogen dipake di mobil balap F1... ini malah gk grip kl pake nitrogen...
Kembali Ke Atas Go down
http://friendster.com/ekinclong
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts: 903
Age: 34
Lokasi: ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points: 18
Registration date: 29.06.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   20/11/2008, 18:10

Mungkin Beda kualitas Ban....kalo GPMotor,F1 & beberapa balapan bergengsi lainnya kan bannya dibikin khusus.
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
cecEp_gorbacEv
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts: 702
Age: 30
Lokasi: Matraman & di Kunciran-Tangerang
Points: 53
Registration date: 19.09.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   20/11/2008, 18:31

Kalo musim ujan gini ada ngaruhnya ga sih, tekanan tetep 28/32(siLay) 30/34(nitrogen) atau dikurangin sedikit karna jalanan becek.. scratch
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kagaada.com
zaloefirst
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts: 687
Age: 30
Lokasi: Bandung
Points: 599
Registration date: 22.12.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   6/1/2009, 01:24

bukannya klo ukuran tekanan angin berdasarkan ukuran bannya??
CMIIW

bro suhud ato bro dark_night minta foto ninin nya dong dari samping saat pake ban BT45 140/70-17.pengen tau kliatannya gmana tuh motor.

thx
Kembali Ke Atas Go down
donald.bee
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts: 467
Age: 36
Points: 357
Registration date: 15.08.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   6/1/2009, 21:06

Kalo pengalaman gw waktu masih pake tigi, nitrogen itu agak mengurangi/meredam bunyi-bunyi kasar sedikit, mungkin karena effek empuknya itu. Nah kalo gw compare ban yang di isi tekanan angin 30 dan tekanan nitrogen 30, ban yang di isi nitrogen lebih terasa empuk kalo gw coba tekan pake tangan dari pada yang di isi angin (ban yang sama loh). Dan memang berasa itu tigi larinya jadi agak tambah berat, itu gw liat dari RPM-KM yang bisa tigi capai; dibanding waktu masih pakai angin biasa. Tapi emang tuh batlax jadi lumayan awet, sampe gw jual kondisi masih ok cuman ilang "rambutnya" doank. Setelah pengalaman itu, gw gak mau lagi isi nitrogen ke ninin, karena takut ngebebanin ninin (malah udah tuh bayi minumnya pertamax lagee). Itu pengalaman gw.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.boong.com
zaloefirst
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts: 687
Age: 30
Lokasi: Bandung
Points: 599
Registration date: 22.12.08

PostSubyek: Re: EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??   14/1/2009, 01:39

berdasarkan pengalaman bro donald bee,brarti klo pake nitrogen tekanannya ditambah donks,jadi biar lebih enteng...bukan begitu bukan....CMIIW....
Kembali Ke Atas Go down
 

EFEK ISI BAN DENGAN NITROGEN ??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 10Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next

 Similar topics

-
» Deface dengan FCkeditor
» Tutorial Carding dengan Havij
» ARP Spoofing dengan menggunakan ARPSPOOF
» Gairahku Dengan Mbak Yani
» Deface website dengan inspect element

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ninja 250R Community ::  :: -