Forum Ninja 250R Community
 
IndeksPORTALPendaftaranLogin

Share | 
 

 DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next
PengirimMessage
ofik
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1454
Age : 29
Lokasi : banDung..
Points : 77
Registration date : 02.07.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   19/8/2008, 07:23

hari rabu saya ke ckp..
kmaren nelp.. lagi lagi ditawarin yang warna ijo...
apa mesti warna ijo aja...?
pengen pake cutting stiker sih bang jim...
cocoknya warna apa ya...

tp ngomong2 soal dudukan plat.. polisi2 di bdg ada yg membiarkan..ada yg memberhentikan...
rata2 yg memberhentikan tuh di soekarno-hatta...
trutama klo pas razia..
mgkn ada yg bisa bikin dudukan plat alternatif yg ga ngeganggu pnampilan ato aerodinamisnya motor...?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ventura.co.nr
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 903
Age : 36
Lokasi : ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points : 18
Registration date : 29.06.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   19/8/2008, 08:22

ada yg punya salinan Undang2/perda tentang Plat kendaraan/NoPol? saya pernah diberhentikan dua kali oleh polisi gara-gara pake Plat no asli tapi warna hitamnya udah diganti car hitam dop, & garis putihnya dicat dop juga...kebetulan waktu itu ada razia rutin...Polisi yg sebelumnya gak maslah dengan plat saya...nah baru jalan beberapa meter polisi yang lain nyuruh kepinggir......
Trus mengenai plat dibelakang winshield juga bikin bingung tuh,,ada polisi yg bilang gak boleh tapi ada juga yg gak masalah....bahkan saya pernah liat Polisi yg pake CBR juga naro plat di belakang winshield.
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
zka
Admin
Admin


Male Number of posts : 1388
Age : 31
Lokasi : Cinere - Depok
Points : 202
Registration date : 03.06.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   19/8/2008, 08:36

suhud wrote:
ada yg punya salinan Undang2/perda tentang Plat kendaraan/NoPol? saya pernah diberhentikan dua kali oleh polisi gara-gara pake Plat no asli tapi warna hitamnya udah diganti car hitam dop, & garis putihnya dicat dop juga...kebetulan waktu itu ada razia rutin...Polisi yg sebelumnya gak maslah dengan plat saya...nah baru jalan beberapa meter polisi yang lain nyuruh kepinggir......
Trus mengenai plat dibelakang winshield juga bikin bingung tuh,,ada polisi yg bilang gak boleh tapi ada juga yg gak masalah....bahkan saya pernah liat Polisi yg pake CBR juga naro plat di belakang winshield.

Berdasarkan Pasal 176 Undang-undang No. 14 Tahun 1992 dijelaskan:

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Plat Nomor harus:

1. berbentuk lempengan tipis persegiempat, dengan ukuran panjang 250 milimeter dan lebar 105 milimeter

2. terbuat dari bahan yang cukup kuat serta tahan terhadap cuaca, yang pada permukaannya berisi huruf dan angka yang dibuat dari bahan yang dapat memantulkan cahaya;

3. tinggi huruf dan angka pada tanda nomor kendaraan bermotor yang dituliskan pada lempengan sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya 45 milimeter;

4. warna tanda nomor kendaraan bermotor adalah sebagai berikut dasar hitam, tulisan putih

5. Tanda nomor kendaraan bermotor dipasang pada tempat yang disediakan di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor.

Berdasarkan ketentuan di atas, saya menafsirkan bahwa:

1. plat nomor memang harus terbuat dari lempengan (besi/alumunium/seng) dan tidak boleh dibuat dari stiker dengan mengikuti ketentuan panjang, lebar dan tinggi tulisan (nomor).

2. sepanjang plat nomor tersebut terlihat dengan jelas..tidak ada ketentuan yang melarang meletakkan platnomor dibelakang windscreen/windshield. Masalahnya, terlihat jelas atau tidak..ini penilaiannya sangat subjektif..bisa saja seorang polisi menyatakan nomornya tidak terlihat, sementara polisi yang lain menyatakan melihat..nah sebagai patokan...kalau si polisi tersebut melakukan razia dengan mengecek dan mencocokkan nomor "polisi" yang ada di STNK dengan yang terdapat di plat..lalu dia bilang ok..tapi platnya bermasalah...ini kita bisa berargumentasi bahwa nomor plat kita jelas..karena si polisi tersebut dapat melihat nomor tersebut dan dapat mencocokan dengan yang terdapat dalam STNK...jadi tidak ada alasan nomor di plat tidak jelas..toh dia bisa melihat Razz

_________________
-- Ninja 250R Community
-- Twitter


Terakhir diubah oleh zka tanggal 19/8/2008, 08:43, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kecoak-elektronik.net/
AKasmy
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 991
Lokasi : Black N250R (JKT-SEL)
Points : 17
Registration date : 20.05.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   19/8/2008, 08:41

nah ini dia yang ditunggu... thanks bro zka pencerahannya... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://akasmy.wordpress.com/
4509
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 856
Age : 37
Points : 319
Registration date : 06.08.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   19/8/2008, 09:05

kekekek daku berhasil melepas dudukan plat nomor depan. tq for the tips bro jimmy.

@zaka, itu legal opini atau legal assumption heheheh. btw thanks penjelasannya zak. Mungkin ada peraturan tak tertulis lain yang cukup penting, yakni mengenai cap polisi di plat tersebut. Ini nih yang selalu menjadi bahan utama polisi mencari cari kesalahan.

seperti kita ketahui, kalo plat yang dari polisi, pasti ada cap "ditlantas polri"-nya. Menurut gw pribadi selama ada cap ditlantasnya polisi gak bisa cari cari kesalahan, namun kalo gak ada cap tersebut, bisa jadi makanan tuh polisi deh.

sekedar cerita pengalaman pribadi dulu, plat no mobil gw B 8XXX, dan di plat gw buatnya jadi B8 XXX (penempatan angka 8 dipepetin ke B). Nah gw pernah distop ama Solipi karena tuh penempatan nomor, menurut dia gak bisa kayak gitu dan itu bukan dari Ditlantas, yah gw berkilah lah, akhirnya gw suruh dia liat tuh plat dan gw tunjutkin ada cap ditlantasnya (plus gw gas dikit, berani beraninya dia nuduh plat gw bukan dari ditlantas tanpa dia liat dulu). akhirnya doi memelas dan minta uang rokok hehehehe.

btw, dimungkinkan pas plat kita mau dicetak di ditlantas, asal ketemu ama orang yang tepat, cetakannya antar nomor bisa di jarang-jarangin ( gak di pepet), jadi platnya tetep resmi dari ditlantas hehhe. btw untuk nomor motor mungkin susah di jarang-jarangin karena sekarang umumnya dah 4 angka dan sudah 3 huruf. buat yang 4 angka blank (gak pake buntut . huruf) sih masih bisa hehehehhe

kalo masalah penempatan plat di belakang windshield dilarang, itu mah polisinya aja nyari nyari.

kok gw jadi panjang yah? jhueheheheuhe
Kembali Ke Atas Go down
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 903
Age : 36
Lokasi : ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points : 18
Registration date : 29.06.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   19/8/2008, 10:45

sama seperti saya, saya tunjukin cap ditlantas.....tapi menurut Polisinya intinya bukan itu tapi yg tidak dibenarkan adalah merubah bentuk asli dari Plat tersebut...salah satunya adalah cat hitam diganti cat hitam dop, cat putih pada hurup & angka di hilangkan sehingga terlihat keperakan, garis putih pembatas antara NoPlat dan masa berlakunya Plat dihilangkan. Akhirnya sekarang, baik itu mobil atau motor gak pernah gw apa-apain lagi...semua sesuai aslinya aja.
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
4509
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 856
Age : 37
Points : 319
Registration date : 06.08.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   19/8/2008, 11:57

wah kalo sampe masa berlaku dihilangkan, daku gak ikut ikutan boss. soale selama ini yang ane mainin hanya penempatan ajah (di jarang-jarangin atau di pepet-pepetin antara karakter). sisanya gw biarin original.
Kembali Ke Atas Go down
fakie
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 117
Age : 37
Points : 91
Registration date : 12.08.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   1/9/2008, 00:22

gw udh coba bro jimmy..thx bro bermanfaat bgd bro
oya bt yg baru mau nyoba jgn lupa ingetin mur panjangnya biar g ketuker soalnya yg panjang bt diwindshield bg bawah,jadi pelan2 aja biar g lecet ninjanya hehehe
Kembali Ke Atas Go down
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 903
Age : 36
Lokasi : ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points : 18
Registration date : 29.06.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   1/9/2008, 03:19

4509 wrote:
wah kalo sampe masa berlaku dihilangkan, daku gak ikut ikutan boss. soale selama ini yang ane mainin hanya penempatan ajah (di jarang-jarangin atau di pepet-pepetin antara karakter). sisanya gw biarin original.
bukan masa berlakunya yg dihilangkan ...tapi "GARIS PUTIH PEMBATAS" antara no plat & masa berlaku...Begitu kira-kira, biar lebih jelasnya ini ada foto plat motornya bro DA5758 coba perhatikan sudah tidak ada garis putihnya...nah Nopol saya dulu juga mirip dengan itu.

[ Foto rekontruksi di peragakan oleh Model (Motornya bro 5758) ] Very Happy Very Happy Very Happy
thanks
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
gajah
Calon Jendral
Calon Jendral


Male Number of posts : 31
Age : 30
Lokasi : Bandung
Points : -1
Registration date : 29.08.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   3/9/2008, 19:25

hiks kok ga bisa yah?...
harus pake kunci 10 kaya yang di foto yak?
ga bisa pake kunci 10 biasa yak?..
ga punya ni...maklum anak kosan.. heheheehhehehe
Kembali Ke Atas Go down
Jimmy B
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1305
Age : 43
Lokasi : Brisbane, Australia
Points : 7
Registration date : 14.07.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   3/9/2008, 19:45

kalo ga pake kunci 10 kayak di foto, susah bro aksesnya tapi kalo mo perjuangan pasti bisa kok.

kunci 10 kayak gitu murah kok, bisa dibeli satuan aja, ga perlu satu set.
ada yg ga sampai 10 ribu harganya kok.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
yokozuna
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 340
Age : 48
Lokasi : Jakarta-Cilegon
Points : 75
Registration date : 13.08.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   3/9/2008, 20:51

gampang kok, sy yg newbie saja sudah 2 ninja yg sy bongkar pasang .
lebih enak kalau 2 orang, jadi ada yg bantu pegangin fairing sama spion ..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc/
Abdy
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 451
Age : 39
Lokasi : Jakarta Timur
Points : 37
Registration date : 02.09.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   4/9/2008, 13:13

suhud wrote:
4509 wrote:
wah kalo sampe masa berlaku dihilangkan, daku gak ikut ikutan boss. soale selama ini yang ane mainin hanya penempatan ajah (di jarang-jarangin atau di pepet-pepetin antara karakter). sisanya gw biarin original.
bukan masa berlakunya yg dihilangkan ...tapi "GARIS PUTIH PEMBATAS" antara no plat & masa berlaku...Begitu kira-kira, biar lebih jelasnya ini ada foto plat motornya bro DA5758 coba perhatikan sudah tidak ada garis putihnya...nah Nopol saya dulu juga mirip dengan itu.

[ Foto rekontruksi di peragakan oleh Model (Motornya bro 5758) ] Very Happy Very Happy Very Happy
thanks

bagus juga neeh,kalau plat nomornya di umpetin
Kembali Ke Atas Go down
dark_knight
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1514
Age : 35
Lokasi : Bandung City
Points : 325
Registration date : 24.07.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   26/9/2008, 00:59

kayaknya indonesia only nih..motor ber-fairing harus pake plat nomer didepan..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.proxynet156.com
Jimmy B
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1305
Age : 43
Lokasi : Brisbane, Australia
Points : 7
Registration date : 14.07.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   26/9/2008, 07:18

Ini sekedar alternatif lain pemasangan plat nomer depan.

Berhubung di belakang windshield bisa ribut ama pulisi iseng (yang ngakunya ga keliatan platnya) sementara kalo pake dudukan orisinil ibarat 'keranjang buah sepeda anak-anak' (he he he).

Akhirnya saya memilih memasang di depan menggunakan baut windshield.
Plat nomer perlu dipangkas 0.5 cm kiri kanan supaya ga kena fairing.

Buat saya ini ga jadi masalah karena toh keranjang buah juga lebih pendek 0.5 cm kiri kanan. Dudukan keranjang buah saya pake buat plat nomer belakang dan sisi kiri-kanan saya tekuk ke belakang (seperti merangkul dudukan tsb.)

Ini foto plat depan. Barangkali masih bisa dirapikan sedikit supaya lebih manis, tapi saya udah males berhubung udah ga sabar mo jalan-jalan...he...he...

Upload image lagi error, jadi ini linknya:

http://s530.photobucket.com/albums/dd345/jabangun/?action=view&current=100_0084.jpg
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
prascityb
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 94
Age : 42
Lokasi : Bandung
Points : -3
Registration date : 14.09.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   26/9/2008, 22:28

Sama bro Jim ... web linknya pas kubuka juga error...maklum Inmarsat bro....
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/prascityb
dark_knight
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1514
Age : 35
Lokasi : Bandung City
Points : 325
Registration date : 24.07.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   27/9/2008, 08:18

uheuheuheuhe Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.proxynet156.com
dr michael pinehas tagi
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 356
Age : 35
Lokasi : melati tugu jak-ut
Points : 287
Registration date : 22.09.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   30/9/2008, 22:21

kalo plat nomor depan diganti sistem stiker dah ada yang nyoba blum?trus pernah ditilang polisi blum gara2 pake nopol stiker?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.paraglidingforum.com
Jimmy B
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1305
Age : 43
Lokasi : Brisbane, Australia
Points : 7
Registration date : 14.07.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   1/10/2008, 09:09

Ada yang pake stiker, bro Hato pernah...di Bandung bro Joseph juga.

Yang di Bandung, plat aslinya tetap ditaruh di belakang windshield. Stiker di bagian depan windshield.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
iprakarsa
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 52
Age : 44
Lokasi : Balikpapan
Points : 0
Registration date : 02.07.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   3/10/2008, 13:12

Setelah merenung and dipertimbangkan..gimana caranya masang nopol depan dibelakang windshield...trus ngga ada yg jual tempat dudukannya...gw buat 2 lobang ukuran mur 8mm diwindshield and akhirnya terpasang nopol depan dibelakang windshield walapun ada yg dikorbankan...tp it's looks ok... cheers



bro's mohon commentnya ya....
Kembali Ke Atas Go down
AKasmy
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 991
Lokasi : Black N250R (JKT-SEL)
Points : 17
Registration date : 20.05.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   3/10/2008, 13:22

aduh sayang bro dilobangin windshield nya.... IMHO: lebih baik bikin dudukan sendiri ke tukang plat.... bisa kok rata2x....


Kembali Ke Atas Go down
http://akasmy.wordpress.com/
Jimmy B
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1305
Age : 43
Lokasi : Brisbane, Australia
Points : 7
Registration date : 14.07.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   3/10/2008, 16:35

Iya tuh...sayang dilubangin windshieldnya.

Kalo gw milih ditaruh di luar windshield, pake baut 2 yang di bawah.
Motong dikit tepi kiri kanan plat nomernya biar pas.

Jadi ga ada alasan pak polisi bilang kagak kelihatan nomernya.



Secara pandangan juga ga ada yang terganggu/dikorbankan karena letaknya di bawah speedometer.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
ryan_bayu
Calon Jendral
Calon Jendral


Male Number of posts : 39
Age : 40
Lokasi : UTANKAYU JAKARTA TIMUR
Points : 1
Registration date : 02.11.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   4/11/2008, 15:32

- Weih keren juga yah platnya di gituin, tapi apa ngga lecek dan bikin lecet fairing bro?.. btw.. ada yang udah nyoba nyablon kaos pake no.pol ngga?.. mungkin itu bisa jadi alternative biar bapak2 petugas lebih ngeliat no polisi kita?.. Razz
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/ryanbayucandra
Jimmy B
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1305
Age : 43
Lokasi : Brisbane, Australia
Points : 7
Registration date : 14.07.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   4/11/2008, 15:45

Kalo sablon susah bro...musti pake kaos itu terus.

Mendingan plat nomernya dilubangin 2 di atas, trus dikasih tali rafia dan digantung di depan dada.

Kalo polisinya nanya, "Mana plat no depan?" tinggal tunjuk ke dada.
Kalo dia tanya,"Lah yang belakang mana?" tinggal dipindah ke punggung tuh plat nomer trus tunjukin ke polisinya...wakakakakakak

Ini atas ide dari geri Kenichi lo....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
iwanchez
Calon Jendral
Calon Jendral


Male Number of posts : 24
Age : 41
Lokasi : Pusat
Points : 19
Registration date : 24.10.08

PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   7/11/2008, 19:37

Thx bgt infonya.. gw jg lg mau copotin tuh brg btw klo nopolnya dksh cutting stiker masalah gak ya?
Kembali Ke Atas Go down
http://ninja250r-community.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan   Today at 00:43

Kembali Ke Atas Go down
 
DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 4Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next
 Similar topics
-
» DIY Melepas Dudukan Pelat No.Pol. Depan
» [ASK] Cara lepas dudukan tempat plat nomer depan gimana ya?
» (ask) cara buka dudukan plat dan spion depan !
» (WTA) bagaimana cara buat dudukan plat nomor di depan
» Barangkali Ada yg Punya Ide utk modif Dudukan Plat NO Depan...???

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ninja 250R Community :: NINJA 250R :: Modifikasi-
Navigasi: