Forum Ninja 250R Community
 
IndeksPORTALPendaftaranLogin

Share | 
 

 Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
zka
Admin
Admin


Male Number of posts : 1388
Age : 31
Lokasi : Cinere - Depok
Points : 202
Registration date : 03.06.08

PostSubyek: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 00:33

Bro sekalian,

Dalam kesempatan ini saya ingin mempersilahkan bagi bro sekalin untuk berdiskusi permasalahan hukum yang bro alami atau bro ingin ketahui. Kebetulan sedikit-sedikit saya paham masalah hukum. Jadi, kalau ada masalah hukum yang mau ditanyakan dan diskusikan silahkan diungkapkan di sini. Insya Allah kalau saya bisa membantu akan saya bantu memberikan penjelasannya...kalau saya ngga bisa, siapa tau ada bro lain yang bisa membantu.

Semua jawaban yang bisa saya berikan tidak dipungut biaya konsultasi kok Smile jadi silahkan sajah kalau mau berdiskusi/konsultasi.

Semoga thread ini bermanfaat buat kita semua.

wassalam

Zka


disclaimer
apa yang saya sampaikan di forum ini tidak merupakan nasihat / opini (legal opinion) yang bisa dipergunakan sebagai bahan rujukan ilmiah atau digunakan dihadapan proses hukum dan juga apa yang saya sampaikan di forum - thread ini, merupakan pendapat pribadi dan tidak terkait dengan pekerjaan saya.

_________________
-- Ninja 250R Community
-- Twitter
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kecoak-elektronik.net/
AKasmy
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 991
Lokasi : Black N250R (JKT-SEL)
Points : 17
Registration date : 20.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 00:47

nah... kebetulan nih bro zka... banyak yang PM masalah STNK dan ganti warna, di post repainting N250R juga banyak yang nanya... setahu gue sih ganti warna - ganti STNK, tapi...

1. kalau warna two tone atau lebih... gimana STNK-nya? warna dominan atau semua unsur warna harus ditulis...?

2. pertanyaan dari bro kalemajade di sini terus terang penasaran juga sih...

Thanks B4
Kembali Ke Atas Go down
http://akasmy.wordpress.com/
banderas
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 510
Lokasi : Legian - Bali
Points : 23
Registration date : 31.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 03:07

AKasmy wrote:
nah... kebetulan nih bro zka...
Kbtlan jg nih bro.. hehe..
Sblmnya mo ngucapin byk makasih, atas kesediaan bro Zka dlm meluangkan wkt utk menularkan wejangan / ilmu hukumnya kpd kita2. Salut bro.. mana gratisan lg  Smile Moga amal baik sampeyan dapet ganjaran yg setimpal ya bro.. amien.

To the point ya..
Tmn saya udah melakukan sidang talak cerai yg pertama, & saat itu jg lsg diputuskan cerai oleh PA, krn sama2 udah sepakat utk pisah. Kemudian disuruh nunggu 14 hr utk ikrar talaknya. Anehnya, seminggu kemudian tiba2 pihak istri mengajukan banding dg didampingi seorang pengacara. Pdhl saat diputus cerai pd sidang pertama itu semuanya udah clear, nggak ada tuntutan apapun dr istri, nggak ada harta gono gini & masalah anakpun udah sepakat utk diurus bersama, berikut kesediaan tmn saya utk memberikan nafkah kpd anak.

Semenjak didaftarkan banding, sampai dg hr ini adalah udah lbh dr 14 hr, atau berarti udah 3 minggu dr sejak diputus cerai & si pengacara itu blm menentukan apa materi bandingngya. Jadi tmn saya skrg ini kesannya digantung, blm tau ampe kpn kelarnya, pdhl tinggal ikrar talak aja trus dapetin surat cerainya.

Pertanyaanya adalah :
- Berapa lamakah batas wkt buat pengacara itu, utk kemudian bandingnya bisa dianggap batal / hangus / kadaluwarsa? Krn udah lbh dari 14 hari tapi kok blm ditentukan jg apa yg mo dibanding?

- Langkah apa yg hrs tmn saya lakukan, agar dia sgr bisa mendapatkan surat cerainya? Haruskah ia jg perlu sewa pengacara? Bukankah kalo antar pengacara berantem kasus tsb menjadi lbh runyam? Mohon pencerahannya ya bro..

Tp lbh afdolnya, setelah sampeyan ngejawab pertanyaan bro azmy dulu deh..  Smile
Kembali Ke Atas Go down
Guest
Tamu



PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 12:39

wah 9w turut sedih wat temen bro banderas, perceraian memang hal yg paling dibenci oleh Allah. moga masalahnye bisa selesai bro
Kembali Ke Atas Go down
zka
Admin
Admin


Male Number of posts : 1388
Age : 31
Lokasi : Cinere - Depok
Points : 202
Registration date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 14:30

AKasmy wrote:
nah... kebetulan nih bro zka... banyak yang PM masalah STNK dan ganti warna, di post repainting N250R juga banyak yang nanya... setahu gue sih ganti warna - ganti STNK, tapi...

1. kalau warna two tone atau lebih... gimana STNK-nya? warna dominan atau semua unsur warna harus ditulis...?

2. pertanyaan dari bro kalemajade di sini terus terang penasaran juga sih...

Thanks B4

Saya sudah mereview Undang-undang Lalulintas dan beberapa peraturan turunannya. Berdasarkan hasil review tersebut diketahui bahwa tidak terapat ketentuan peraturan perundang-undangan yang menyatakan kriteria warna dalam STNK, apakah yang ditulis warna dominan atau keseluruhan warna.

kalau merujuk pada peraturan, penggunaan STNK bertujuan sebagai identitas kendaraan yang fungsinya sama dengan KTP, sehingga sedapat mungkin isi STNK merupakan tanda pengenal bagi kendaraan tersebut. Sehingga dapat disimpulkan selama warna yang tercantum dalam STNK masih merefleksikan kendaraan, seharusnya STNK tersebut tidak bermasalah. Sekedar saran sajah, dalam STNK sebaiknya tercantum 2-3 warna yang dominan pada kendaraan, sehingga proses identifikasinya dapat lebih mudah dan tidak ada alasan bagi polisi untuk menilang.

_________________
-- Ninja 250R Community
-- Twitter
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kecoak-elektronik.net/
setya57
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 315
Lokasi : BALIKPAPAN
Points : 0
Registration date : 30.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 14:42

@ bro Zka
Ninja 250 khan belum keluar surat-suratnya, begitu NININ keluar dari dealer saya dikasih Plat Putih (plat sementara) dan surat jalan sementara yang umumnya 14 hari (dapat diperbaharui_

Pertanyaannya
berbekal surat dari dealer tsb apakah kita sudah bisa bebas mengendarai NININ kemana saja tanpa (dalam dan Luar kota) takut ditilang?
Kembali Ke Atas Go down
zka
Admin
Admin


Male Number of posts : 1388
Age : 31
Lokasi : Cinere - Depok
Points : 202
Registration date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 16:35

setya57 wrote:
@ bro Zka
Ninja 250 khan belum keluar surat-suratnya, begitu NININ keluar dari dealer saya dikasih Plat Putih (plat sementara) dan surat jalan sementara yang umumnya 14 hari (dapat diperbaharui_

Pertanyaannya
berbekal surat dari dealer tsb apakah kita sudah bisa bebas mengendarai NININ kemana saja tanpa (dalam dan Luar kota) takut ditilang?

Sepanjang pengetahuan saya, plat putih itu sendiri menandakan kalau kendaraan tersebut belum terdaftar dalam register kendaraan bermotor sebagaimana yang dipersyaratkan dalam UU Lalulintas. Penggunaan plat putih sendiri tujuannya adalah untuk mobilitas kendaraan bermotor dari pabrik - karoseri - pabrik atau untuk keperluan tes mesin. jadi kalau ada plat putih yang dipake sehari-hari saya rasa ini menyalahi ketentuan uu lalulintas, karena biasanya kita hanya dikasih plat putih tanpa punya "surat tanda coba kendaraan bermotor" dari pabrik yang disetujui oleh Dept Perhub darat dan kepolisian.

Lagipula sebenarnya penggunaan plat motor itu bukan sebagai bukti tanda kendaraan bermotor, tetapi hanya sebagai perlengkapan identitas dari kendaraan bermotor. Sedangkan seluruh bukti tanda kendaraan bermotornya sendiri kan sudah dan seharusnya tercantum dalam STNKB.

simpelnya sih, walaupun pake plat putih, bukan berarti kita bisa pake kendaraan tersebut secara bebas. Tapi kalau mau tetap coba pake plat putih, jangan lupa minta juga surat tanda coba kendaraan bermotornya yach.

_________________
-- Ninja 250R Community
-- Twitter
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kecoak-elektronik.net/
setya57
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 315
Lokasi : BALIKPAPAN
Points : 0
Registration date : 30.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 17:08

ok.
Dicopy bro Thanks for the input.
Kembali Ke Atas Go down
SandimanLie
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 169
Age : 38
Lokasi : Medan, SUMUT
Points : 1
Registration date : 22.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 17:41

Masalah hukum adalah sesuatu yang sangat rumit dan awam bagi masyarakat dan seorang ahli hukum untuk bisa mempelajari dana memahami hukum memerlukan energi, pikiran dan biaya yang besar...
jadi sangat terharu dan berterima kasih sekali kepada bro Zka atas kesediaannya membagikan apa yang diketahuinya kepada kita semua....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.fotografer.net/isi/galeri/?searchid=2&katacari=108464
Guest
Tamu



PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 18:43

bener jg bro sandi. salut buat bro zka. moga aj ga ditagih pas kita semua lg ngumpu turing, huahaha..bnr bro, walo byr pun jarang aj ad yg mo ngasi tau ky gini. masalahnye ilmu tuh mahal bgt! sumpah 9w salut abizz lah, moga bro zka masuk surga. amiinn..ko jadi religius gini yah? hahaha
Kembali Ke Atas Go down
banderas
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 510
Lokasi : Legian - Bali
Points : 23
Registration date : 31.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 19:02

AZEL wrote:
perceraian memang hal yg paling dibenci oleh Allah. moga masalahnye bisa selesai bro
Tp hukumnya juga HALAL kok Zel..
Dg bantuan do'a loe, yg sebagai anak soleh, moga masalahnya cepet kelar. Smile
Kembali Ke Atas Go down
Guest
Tamu



PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 19:18

huAHAHA!! sialan! 9w bejat tau! hahaha!! tp insya Allah doa 9w tulus, amin..
Kembali Ke Atas Go down
zka
Admin
Admin


Male Number of posts : 1388
Age : 31
Lokasi : Cinere - Depok
Points : 202
Registration date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 19:33

Bro sekalian,

Saya hanya mencoba sharing apa yang saya ketahui bro...jujur ajah kalau mau sharing masalah motor saya ngga bakalan ngerti dan bener2 gaptek kalau dibandingin bro sekalian. Saya ngerasa sebagai member dari komunitas ini harus ada sesuatu yang bisa saya berikan, ya kebetulan saya sedikit mengerti masalah hukum, ya saya coba ajah sharing.

_________________
-- Ninja 250R Community
-- Twitter
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kecoak-elektronik.net/
zka
Admin
Admin


Male Number of posts : 1388
Age : 31
Lokasi : Cinere - Depok
Points : 202
Registration date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 20:09

banderas wrote:

Kbtlan jg nih bro.. hehe..
Sblmnya mo ngucapin byk makasih, atas kesediaan bro Zka dlm meluangkan wkt utk menularkan wejangan / ilmu hukumnya kpd kita2. Salut bro.. mana gratisan lg  Smile Moga amal baik sampeyan dapet ganjaran yg setimpal ya bro.. amien.

To the point ya..
Tmn saya udah melakukan sidang talak cerai yg pertama, & saat itu jg lsg diputuskan cerai oleh PA, krn sama2 udah sepakat utk pisah. Kemudian disuruh nunggu 14 hr utk ikrar talaknya. Anehnya, seminggu kemudian tiba2 pihak istri mengajukan banding dg didampingi seorang pengacara. Pdhl saat diputus cerai pd sidang pertama itu semuanya udah clear, nggak ada tuntutan apapun dr istri, nggak ada harta gono gini & masalah anakpun udah sepakat utk diurus bersama, berikut kesediaan tmn saya utk memberikan nafkah kpd anak.

Semenjak didaftarkan banding, sampai dg hr ini adalah udah lbh dr 14 hr, atau berarti udah 3 minggu dr sejak diputus cerai & si pengacara itu blm menentukan apa materi bandingngya. Jadi tmn saya skrg ini kesannya digantung, blm tau ampe kpn kelarnya, pdhl tinggal ikrar talak aja trus dapetin surat cerainya.

Pertanyaanya adalah :
- Berapa lamakah batas wkt buat pengacara itu, utk kemudian bandingnya bisa dianggap batal / hangus / kadaluwarsa? Krn udah lbh dari 14 hari tapi kok blm ditentukan jg apa yg mo dibanding?

- Langkah apa yg hrs tmn saya lakukan, agar dia sgr bisa mendapatkan surat cerainya? Haruskah ia jg perlu sewa pengacara? Bukankah kalo antar pengacara berantem kasus tsb menjadi lbh runyam? Mohon pencerahannya ya bro..

Tp lbh afdolnya, setelah sampeyan ngejawab pertanyaan bro azmy dulu deh..  Smile

Dalam kasus di atas ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Meskipun telah ada Undang-undang No. 7/1989 sebagaimana diamandemen oleh UU No. 3/2006 tentang Peradilan Agama ("UU 3/2006"), hukum beracara yang dipakai dalam pengadilan agama tetaplah menggunakan hukum acara perdata yang peraturannya masih mengacu pada peraturan kolonial, yaitu H.I.R.

Berdasarkan H.I.R jangka waktu mengajukan banding adalah 14 hari sejak putusan tersebut dibacakan, sehingga kalau dalam kasus teman bro banderas, selama belum lewat jangka waktu tersebut maka advokat dari pihak istri dapat mengajukan banding.

Dalam hukum acara perdata, pada proses banding karena sifatnya masih berupa judex factie yang berarti hakim akan memeriksa kembali fakta-fakta persidangan maka sifat materi banding (lebih tepatnya memori banding) menjadi tidak diperlukan. Dengan demikian apabila pihak istri tidak mengajukan memori bandingnya, maka hakim akan memeriksa perkara tersebut berdasarkan gugatan cerai dari si istri pada Pengadilan Agama sebagai pengadilan tingkat pertama kasus perceraian ini.

Surat cerai (sebutan yang tepat adalah Akta Cerai) sendiri tidak diberikan apabila belum ada ikrar talak dan ikrar talak juga tidak bisa dilakukan kalau keputusan pengadilan belum bersifat final dan mengikat. Dengan demikian kalau memang pihak istri mengajukan banding, maka sampai dengan putusan hakim Pengadilan Tinggi Agama berkekuatan tetap, maka Akta Cerai masih jauh bro! Belum lagi kalau ternyata putusan PT tersebut dikasasi...maka proses ini masih bisa berlanjut sampai ke tingkat kasasi di MA.....secara singkat bisa saya bilang masalah ini bakalan runyem dan panjang.

Saran saya adalah, rekan Bro coba untuk menghubungi advokat dari pihak istri dan menanyakan sebenarnya masih ada masalah apa yang menyebabkan adanya proses banding. Coba lah selesaikan masalah ini di luar pengadilan, toh waktu nikah juga kan ngga ngundang pak hakim...masa giliran cerai bawa-bawa pak hakim? hehehehehe.

Coba upayakan segala permasalahan yang diajukan banding untuk diselesaikan secara kekeluargaan...dan bilang ke istrinya kalau masalah ini diperpanjang, biaya yang akan dikeluarkan akan semakin besar...

Selain itu coba minta bantuan pada keluarga besar atau ulama yang dihormati oleh istri rekan Bro untuk mendamaikan perkara ini.


btw, yang paling penting..jangan sampe nanti kalau tuh istri sudah menjadi janda terus bro banderas embat lagi hUEHuhEUhe...becanda bro! Kalo pun emang mau diembat..tungguin masa idah dulu ya bro...ehuehuehuhe *maap..maap*

_________________
-- Ninja 250R Community
-- Twitter
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kecoak-elektronik.net/
banderas
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 510
Lokasi : Legian - Bali
Points : 23
Registration date : 31.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 21:49

zka wrote:
btw, yang paling penting..jangan sampe nanti kalau tuh istri sudah menjadi janda terus bro banderas embat lagi hUEHuhEUhe...becanda bro! Kalo pun emang mau diembat..tungguin masa idah dulu ya bro...ehuehuehuhe *maap..maap*
begini nih yg gw ngga' demen.. si pelapor malah terkena side effect Laughing Laughing
Tengkyu somat bro Zka.. mo tak print dulu, trus dibaca lg bareng dia.
Pertanyaan berikutnya nyusul ye.. Laughing Moga bersedia menunggu Laughing
Kembali Ke Atas Go down
zka
Admin
Admin


Male Number of posts : 1388
Age : 31
Lokasi : Cinere - Depok
Points : 202
Registration date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 21:53

@banderas: Ok..saya tunggu kelanjutannya

@all: next patient....?

_________________
-- Ninja 250R Community
-- Twitter
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kecoak-elektronik.net/
AKasmy
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 991
Lokasi : Black N250R (JKT-SEL)
Points : 17
Registration date : 20.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 22:25

thanks zka infonya.... well informed nih jadinya... Wink

@ bro banderas
temennya yang lagi bobok diatas becak yah (yg di pic avatar)...? lol!
I know... i know... pastinya bukan lah tapi sejujurnya dari pertama kali ngeliat avatarnya penasaran aja siapa yang bobok dibelakang... hehehe.. sorry bro had to ask... Wink
Kembali Ke Atas Go down
http://akasmy.wordpress.com/
banderas
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 510
Lokasi : Legian - Bali
Points : 23
Registration date : 31.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 23:04

AKasmy wrote:
tapi sejujurnya dari pertama kali ngeliat avatarnya penasaran aja siapa yang bobok dibelakang... hehehe.. sorry bro had to ask... Wink
aah.. om Azmy.. kalo ada lekong yg lg ngga' pake baju pst dipelototin deh.. Laughing
iihh..eike cemburu neh.. ( sambil ngibasin rambut ) jiakakakak..
Kembali Ke Atas Go down
AKasmy
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 991
Lokasi : Black N250R (JKT-SEL)
Points : 17
Registration date : 20.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   3/7/2008, 23:14

wakakakak.... kena deh gue... lol!
but seriously dari sudut pandang photography, objeknya jadi menarik.... Wink
Kembali Ke Atas Go down
http://akasmy.wordpress.com/
Kalem
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 1493
Age : 47
Lokasi : Jakarta
Points : -18
Registration date : 30.06.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   7/7/2008, 08:55

Bro Hendry...thanks yah udah majangin gambar saya waktu tidur di becak abis berenang... Ntar saya bales pasang gambar sampeyan waktu adu ayam di bedugul....hehehe...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.harmanuratkayu.multiply.com
suhud
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 903
Age : 36
Lokasi : ROCK STAR CITY Banjarmasin
Points : 18
Registration date : 29.06.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   7/7/2008, 14:50

wakakakak....ada-ada aja ...
Kembali Ke Atas Go down
http://m-suhud.blogspot.com/
setya57
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 315
Lokasi : BALIKPAPAN
Points : 0
Registration date : 30.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   7/7/2008, 16:49

zka wrote:
setya57 wrote:
@ bro Zka
Ninja 250 khan belum keluar surat-suratnya, begitu NININ keluar dari dealer saya dikasih Plat Putih (plat sementara) dan surat jalan sementara yang umumnya 14 hari (dapat diperbaharui_

Pertanyaannya
berbekal surat dari dealer tsb apakah kita sudah bisa bebas mengendarai NININ kemana saja tanpa (dalam dan Luar kota) takut ditilang?

Sepanjang pengetahuan saya, plat putih itu sendiri menandakan kalau kendaraan tersebut belum terdaftar dalam register kendaraan bermotor sebagaimana yang dipersyaratkan dalam UU Lalulintas. Penggunaan plat putih sendiri tujuannya adalah untuk mobilitas kendaraan bermotor dari pabrik - karoseri - pabrik atau untuk keperluan tes mesin. jadi kalau ada plat putih yang dipake sehari-hari saya rasa ini menyalahi ketentuan uu lalulintas, karena biasanya kita hanya dikasih plat putih tanpa punya "surat tanda coba kendaraan bermotor" dari pabrik yang disetujui oleh Dept Perhub darat dan kepolisian.

Lagipula sebenarnya penggunaan plat motor itu bukan sebagai bukti tanda kendaraan bermotor, tetapi hanya sebagai perlengkapan identitas dari kendaraan bermotor. Sedangkan seluruh bukti tanda kendaraan bermotornya sendiri kan sudah dan seharusnya tercantum dalam STNKB.

simpelnya sih, walaupun pake plat putih, bukan berarti kita bisa pake kendaraan tersebut secara bebas. Tapi kalau mau tetap coba pake plat putih, jangan lupa minta juga surat tanda coba kendaraan bermotornya yach.

Bro Zka
Thanks banget Pencerahannya mengenai Plat Putih tsb,
Hari ini STNK Sementara/Percepatan dari SAMSAT sedang dalam Process.
Katanya Question rabu sore selesai

one more thanks Bro
Kembali Ke Atas Go down
zka
Admin
Admin


Male Number of posts : 1388
Age : 31
Lokasi : Cinere - Depok
Points : 202
Registration date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   7/7/2008, 17:10

Fyi,

yang mau pake plat putih...jangan lupa bawa surat2 yang lengkap banget yah..kalau perlu bawa bukti pembayaran plat tersebut di polda...

_________________
-- Ninja 250R Community
-- Twitter
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kecoak-elektronik.net/
banderas
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 510
Lokasi : Legian - Bali
Points : 23
Registration date : 31.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   9/7/2008, 10:48

Hallo bro Zka.. Apakabar? Terimakasih telah bersedia menunggu atas kelanjutan dari apa yg saya sampaikan sebelumnya. Smoga berkenan meluangkan wkt sejenak utk membaca tulisan panjang yg akan saya jabarkan berikut ini. Begini ceritanya…

Sebelum TS ( Temen Saya, red ) berencana menemui AT ( Advokat Termohon ), spt yg bro Zka sarankan, dia terlebih dulu mendatangi PA ( Pengadilan Agama ) utk mengambil salinan AK ( Amar Keputusan ). Setibanya di PA, dia diberitahu bhw ternyata satu hari sebelumnya si AT telah menyerahkan memori bandingnya ke PA, sehingga rencana utk menemui si AT di kantornya dia urungkan.

Dalam memori bandingnya, disebutkan bahwa :

1. Pembanding menyalahkan PA, yg katanya tdk mencerminkan keadilan, krn Termohon merasa ditelantarkan Pemohon, yg mana telah pisah rumah selama kurang lbh 2 tahun, sehingga Pemohon dianggap tdk bertanggungjawab sbg seorang suami.
2. Pembanding menyatakan keberatannya, krn PA tdk memberikan pertimbangan & tdk memutuskan menghukum Pemohon utk memberikan nafkah kpd Pemohon. (Pernyataan nomer 2 ini disertai dg dalil2 yg membuat saya & TS mumet membacanya.)
3. Pembanding mengatakan, semestinya PA baik ditanya ataupun tdk ditanya oleh Termohon, haruslah menetapkan nafkah bagi suami / istri yg permohonan cerainya dikabulkan, merujuk pd pasal 225 B.W & jg oleh Yurisprudensi Mahkamah Agung tgl 28 Nop.1956 No.167/K/Sip/1955. Oleh karenanya, Pembanding menuntut nafkah selama 2 tahun berpisah tsb, sebesar harga 3 ekor ninja 250R. Wouw !! Benar2 sableng bin gendeng. Nominal tsb disertai dg perincian2 anehnya, yg membuat kami mengernyitkan dahi.

INTI DARI 3 TUNTUTAN TSB ADALAH :

A. Pembanding minta dikabulkan bandingnya.
B. Pembanding minta agar PA membatalkan putusan cerainya kpd Pemohon.

UNTUK KEMUDIAN :

- Mengabulkan permohonan Pemohon utk sebagian.
- Menetapkan memberi izin kpd Pemohon utk mengucapkan ikrar talaknya.
- Menetapkan anak utk dipelihara / dididik oleh Termohon.
- Menetapkan utk memberikan nafkah kpd Termohon dg jumlah gila tsb di atas, sampai dg atau selama Termohon menjanda.
- Membebankan Pemohon utk membayar semua biaya yg timbul dlm permohonan ini.
Kembali Ke Atas Go down
banderas
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 510
Lokasi : Legian - Bali
Points : 23
Registration date : 31.05.08

PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   9/7/2008, 10:49

Adapun yg ingin saya tanyakan adalah :

Pada putusan PA yg kami baca di dlm salinan AK, tdk disebutkan besaran nafkah yg disanggupi TS utk Termohon. Padahal dlm sidang sblmnya jelas2 disebutkan, bahwa Pemohon menyanggupi besaran nafkah yg akan diberikan setiap bulannya kpd Termohon, meskipun Termohon tdk menuntut apapun saat sidang. Ketika hakim bertanya kpd Termohon, apa ada yg ingin disampaikan / dituntut dari Pemohon, dia menyatakan tidak ada & menerima keputusan pengadilan.

1. Apakah ini merupakan kesalahan Panitera? Mengapa Panitera tdk mencatat besaran biaya nafkah tsb, sehingga hal ini menguntungkan Pembanding dlm bandingnya? TS menuturkan, bahwa sikap & kelakuan si Panitera sudah terlihat menyebalkan saat sblm sidang dimulai. Pasca sidangpun, terkesan bahwa dia seakan tdk rela dg putusan hakim, dg mengatakan : “ Jangan Ge-Er dulu.. Dia msh bs banding kok.. “ Ke-enegkan TS terhadap si Panitera semakin menjadi, manakala si Panitera memintainya uang utk salinan amar keputusan yg dia berikan, yg mana uang tsb sdh diberikan TS sesaat stlh sidang usai, akan tetapi tdk diberikan kwitansi oleh si Panitera. Sempat terjadi ketegangan, yg akhirnya salah satu staff PA membenarkan keterangan TS, bahwa TS sdh membayar & tdk disertai kwitansi. Staff tsb lsg meminta maaf kpd TS, tp si Panitera tdk menunjukkan rasa bersalahnya, meskipun telah terbukti salah di dpn tmn2 kerjanya.

2. Tanpa su’udzon, adakah indikasi bahwa si Panitera telah “ diracuni “ oleh Termohon?

3. Jika TS tdk puas dg isi amar keputusan, kemanakah dia bs melayangkan protes? Ke majelis hakim, atau ke ketua PA? Dan perlukah itu dilakukan? Krn bbrp keterangan TS yg lain jg tdk tertulis dlm amar keputusan, di antaranya adalah keterangan saksi yg mentransfer uang dr TS ke rek. Termohon, BAP TS yg menerangkan bukti transfer, dan sebagainya.

4. Utk menjawab memori banding, apakah TS perlu melampirkan bukti gaji dr tptnya bekerja? Apakah itu msh diperlukan ketika proses cerai sdh memasuki tahap banding?

5. Apa saja yg hrs TS tuangkan dlm jawaban banding tsb, agar PTA percaya & sgr menolak banding Pembanding?

6. Bila saat ini TS ingin membeli rumah / mobil, apakah nantinya bs berpengaruh pd tuntutan Pembanding berikutnya? Meskipun itu adalah uang murni TS? Krn di antara keduanya tdk mempunyai harta gono gini.

7. Apakah Pembanding berhak memeriksa aset2 yg TS punya utk kemudian melaporkannya ke PTA?

8. Bila permohonan banding Pembanding nantinya diterima oleh PTA, akankah kasus ini akan kembali ke PA & akan dimulai dr awal lg?

9. Berapa lamakah kisaran waktu yg dibutuhkan, utk mengetahui bahwa permohonan tsb diterima / ditolak PTA?

Demikian yg perlu saya sampaikan, mohon maaf bila curhatnya kepanjangan, hal ini semata krn ingin membantu seorang teman. Semoga tuan Pengacara bersedia memberikan wejangan

Nuhun …
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum   Today at 18:58

Kembali Ke Atas Go down
 
Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» Konsultasi - Diskusi Masalah Hukum
» KONSULTASI BATU PERMATA
» Ninin gw koq banyak masalah ya?
» Pake PREMIUM nggak masalah kok!
» masalah shock belakang bocor dan apa bisa di benerin?

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ninja 250R Community :: UMUM :: Bincang Bebas-
Navigasi: