Forum Ninja 250R Community
 
IndeksPORTALPendaftaranLogin

Share | 
 

 Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
Red Barracuda
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 256
Age : 34
Lokasi : Karawaci - Bintaro - Puncak
Points : 309
Registration date : 30.04.10

PostSubyek: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   15/11/2011, 13:35

Just my 2 cents,
Cuma mau share buat kemaslahatan kita bersama bro-bro,
Seringkali kita pada saat memilih ban bingung buat nentuin merk, seri, dan ukuran
Awalnya kejadian di temen gw pas abis jatoh dari motor karena bannya slip (dia pake BT003rs)
dia langsung judge itu ban jelek banget, licin, cepet abis, cuma mahal doang, dll
padahal kalau kita lihat lebih jauh kesalahannya adalah pada saat kita memilih ban
pabrikan sudah buat kategori buat peruntukkan tiap2 ban (street usage, street race, race, dll), tapi kebanyakan konsumennya yang salah pake, ban buat race dipake buat di aspal jalanan jakarta buatan departemen PU, atau ban buat kering dipake pas ujan2an dan sebagainya.

Ban racing memang lebih mahal and lebih keren keliatannya, tapi memang diperuntukkan untuk race, sehingga treatmentnya pun harus treatment race, ban harus panas sebelum sampe ke puncak performanya, perbandingan lebar ban dan velg harus presisi, tekanan ban, bobot motor dan rider, kondisi track kering dan basah harus disesuaikan dengan peruntukan, dll
tentunya dengan treatment seperti ini agak sulit untuk diaplikasiin ke motor harian, akhirnya yang terjadi malah banyak kejadian motor slip, kepeleset, motor goyang pas lagi belok, ngebuang atau gejala gak enak lainnya (amit2 jangan sampe jatoh).

Sebenarnya kalu kita lihat motor kesayangan kita ini (Ninja 250) masuk ke dalam kategori sport touring lho masbro, bukan motor sport asli, apalagi hypersport. nah produsen ban juga membuat kategori ban untuk peruntukan tiap2 kategori motor.oleh karena itu ban yang paling tepat untuk motor kita (harian) adalah ban2 yang juga dikategorikan sport touring (kalau buat race di sentul or dimana mau gak mau harus pake ban race lah ya)

Kategori sport touring di produsen ban adalah ban yang diciptain buat segala kondisi dan compound yang medium ke soft. dengan teknologi battlax, michelin, or dunlop biasanya mereka udah pake dual compound, tengahnya medium, pinggir2nya medium-soft untuk ban belakang dan tengahnya medium-soft dan pinggir2nya soft untuk ban depan. kembangnya juga disesuaikan dengan track kering dan basah (all weather) sehingga ban inilah yang paling baik buat temen2 yang make ninjanya harian dan bukan buat race di sentul.
Silahkan liat kategori ban di bawah





Bisa diliat bahwa ban bt090 and 003 ada di kategori ban yang udah race (bahkan bt090 dah dikategoriin pure race sama bridgestone) ban ini memang ok banget, lengket, ringan, cepet abis (sebagai bukti gripnya ok), tapi ya itu kembali lagi keperuntukannya, bukan buat aspal jalanan biasa. untuk harian ya sport touring jawabannya

Di Bridgestone ada ban bt92, bt016 buat sport touring
Di Michelin ada Pilot Road 2 and Pilot Road 3
Di Dunlop ada Sportmax Roadsmart

Ok itu dari segi kategori ban,
satu lagi yang gak kalah penting adalah ukuran ban dan velg.
Banyak orang yang bilang, ban ori ninja 250 kekecilan ya, masa' cuma 130
akhirnya banyak yang ganti ban dan pake ukuran 150 bahkan temen gw ada yang pake 170 di velg ori-nya.
banyak kita gak sadar sebenernya ban 130 itu adlah ban yang paling pas secara ukuran buat velg ori blakang kita yang 3,5"
ban dengan lebar 150 - 160 harusnya membalut velg dengan ukuran 4 - 5", paling pas di 4,5" (Cbr 250 pake ban 140 karena velg orinya 4")

makanya yang paling pas untuk ban 150-160 adalah ganti velg dengan ukuran 4 sampai 5" paling pas ganti 4,5"
untuk depan dengan velg ori ninja yang 2,75" disarankan tetep pake ban 110
ban 120 untuk depan seharusnya ada di velg 3,5" seperti yang dipake ban and velg orinya ZX6

Menurut gw ketika kita memodifikasi apapun yang harus diperhatikan adalah keselamatan yang paling utama, kecuali klo motor cuma buat kontes ya gpp radikal and gak perlu itungan selamet, tapi klo buat di jalan please be wise, apalagi urusan ban dan velg yang nyambungin antara rider, motor and aspal, pastinya sangat vital. jangan cuma memikirkan keren atau nggaknya, tapi pikirkan kualitas bahannya, jangan sampe dah keluar uang tapi yang ada malah menurunkan kualitas barang yang sudah kita dapet dari ori bawaan ninja kita yang nantinya berdampak mengurangi faktor keselamatan.

Gw nulis ini buat sharing aja, karena banyak temen gw yang gw liat sendiri jatohnya and denger dari temen justru karena hasil modifikasi yang kurang perhitungin faktor keselamatan. Kepleset karena ban licin, velg yang patah ngehantem lobang yang sebenernya gak serem2 banget, dll.
Ujung2nya adalah memaksimalkan kesenengan kita pake barang kesayangan, biar makin cinta, makin enak dibawanya, and yang paling penting menjaga keselamatan kita sendiri dan orang lain klo di jalan. mengutip pesen dari pak polisi keluarga anda menanti anda di rumah.
have a nice roll and modif bro2

sumber:
http://www.bridgestone.com/products/motorcycle_tires/products/category/index.html
http://www.dunlopmotorcycle.com/tirecatalog_category.asp?id=1
http://www.michelinmotorcycle.com/index.cfm?event=tirecatalog.view
Kembali Ke Atas Go down
http://cyber-ninja250r.darkbb.com
leowsy
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 506
Age : 42
Points : 480
Registration date : 25.02.09

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   16/11/2011, 07:49

kalo ukuran ideal sih udah tau bro.
yang jadi masalah, apakah ada ukuran 110/60 atau 110/70 untuk ban depan dan ukuran 140/60 atau 140/70 atau 130/60 atau 130/70 untuk ban belakang terutama buat ban2 sekelas BT003RS atau Michelin Pilot Power atau ban2 radial lain yang sejenis???
kalo ada kasi tau yg jual dimana bro? Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
Red Barracuda
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 256
Age : 34
Lokasi : Karawaci - Bintaro - Puncak
Points : 309
Registration date : 30.04.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   16/11/2011, 11:56

coba ke adolina motorsport di depok mas bro, klo minat nanti tak pm-in no tlpnya, gak enak iklan Smile, gw baru beli 110/70 sama 140/70 bt003rs titipan temen. dia juga ready michelin pilot kok buat depan 110/70, belakang adanya 160/60, kudu ganti chemco dulu baru mantep Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://cyber-ninja250r.darkbb.com
leowsy
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 506
Age : 42
Points : 480
Registration date : 25.02.09

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   16/11/2011, 22:30

Red Barracuda wrote:
coba ke adolina motorsport di depok mas bro, klo minat nanti tak pm-in no tlpnya, gak enak iklan Smile, gw baru beli 110/70 sama 140/70 bt003rs titipan temen. dia juga ready michelin pilot kok buat depan 110/70, belakang adanya 160/60, kudu ganti chemco dulu baru mantep Very Happy
heh? BT003RS ada yang 140/70???
kok liat di webnya ngga ada ya ukuran segitu?
http://www.bridgestone.com/products/motorcycle_tires/products/battlax/bt003rs.html
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
leowsy
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 506
Age : 42
Points : 480
Registration date : 25.02.09

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   16/11/2011, 22:32

ooowh 003 yang street ya? bukan racing street?
http://www.bridgestone.com/products/motorcycle_tires/products/battlax/bt003rs_h.html
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
king_elnino
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 145
Age : 30
Lokasi : Jakarta
Points : 152
Registration date : 20.10.11

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   17/11/2011, 11:22

Very2 nice info.. Vote for sticky
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.darkbb.com
Red Barracuda
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 256
Age : 34
Lokasi : Karawaci - Bintaro - Puncak
Points : 309
Registration date : 30.04.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   17/11/2011, 23:37

leowsy wrote:
ooowh 003 yang street ya? bukan racing street?
http://www.bridgestone.com/products/motorcycle_tires/products/battlax/bt003rs_h.html

iya gan karena yang rs biasanya moge-moge and gak ada yang pake velg 3,5" buat belakang
Kembali Ke Atas Go down
http://cyber-ninja250r.darkbb.com
Red Barracuda
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 256
Age : 34
Lokasi : Karawaci - Bintaro - Puncak
Points : 309
Registration date : 30.04.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   17/11/2011, 23:38

king_elnino wrote:
Very2 nice info.. Vote for sticky

Just sharing perspektif aja gan, thanks What a Face
Kembali Ke Atas Go down
http://cyber-ninja250r.darkbb.com
dimas
Jendral Besar
Jendral Besar


Male Number of posts : 4190
Age : 22
Lokasi : Karawaci, Tangerang
Points : 4333
Registration date : 26.06.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   18/11/2011, 06:45

berarti pake bt016 nyaman buat rebahan dan harian juga oke nih Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
wandyhee
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 121
Age : 39
Lokasi : Miri, Sarawak
Points : 148
Registration date : 22.07.11

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   18/11/2011, 07:29

vote for sticy juga, mudahan berguna buat yang baru punya ninin
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/iswandyhee
dimas
Jendral Besar
Jendral Besar


Male Number of posts : 4190
Age : 22
Lokasi : Karawaci, Tangerang
Points : 4333
Registration date : 26.06.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   18/11/2011, 12:37

sticy apa tuh bro? Very Happy Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
wandyhee
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 121
Age : 39
Lokasi : Miri, Sarawak
Points : 148
Registration date : 22.07.11

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   18/11/2011, 13:33

hahhaa... pembetulan; sticky
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/iswandyhee
demungan
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 540
Age : 37
Lokasi : Batavia
Points : 588
Registration date : 25.04.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   18/11/2011, 16:37

klo gw melihatnya lebih kepenampilan dan fungsional. karena gw gak begitu suka liat ban ukuran besar yang jatohnya ngedonat karena maksain pake velg standar.

masalah ngebut atau ngerebah nggak ngerti. ane kan klo naik motor alo-alon asal kelakon musik
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.co.id
bapak
Calon Jendral
Calon Jendral


Male Number of posts : 39
Age : 29
Points : 47
Registration date : 22.01.11

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   22/11/2011, 20:28

waaaahhhhh nice share... cheers cheers cheers
Kembali Ke Atas Go down
http://innova_freak@yahoo.com
bapak
Calon Jendral
Calon Jendral


Male Number of posts : 39
Age : 29
Points : 47
Registration date : 22.01.11

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   22/11/2011, 20:48

klo TS sendiri ban dan ukuran brp yg digunakan? velg standar ato udh ganti?
Kembali Ke Atas Go down
http://innova_freak@yahoo.com
nicky3113
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 121
Age : 32
Points : 147
Registration date : 01.09.11

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   23/11/2011, 14:31

bro.. sy kan pengen ganti chemco nih.. mending pake ukuran brp nih ban nya yg pas? rencana pake bt 016 150/60.. tp si penjual blg mending 160/60.. jd bingung deh.. tq
Kembali Ke Atas Go down
lucowen
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 682
Age : 37
Points : 743
Registration date : 29.09.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   23/11/2011, 14:56

mending pake 150/60 aja... yg penting velgnya lebar, bannya beda dikit banget gak kliatan...
Kembali Ke Atas Go down
Red Barracuda
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 256
Age : 34
Lokasi : Karawaci - Bintaro - Puncak
Points : 309
Registration date : 30.04.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   24/11/2011, 00:19

bapak wrote:
klo TS sendiri ban dan ukuran brp yg digunakan? velg standar ato udh ganti?

sekarang depan pake 110/70, belakang pake 150/60 bro, belakang dah ganti chemco, ban pake 016 om


Terakhir diubah oleh Red Barracuda tanggal 24/11/2011, 10:16, total 2 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://cyber-ninja250r.darkbb.com
Red Barracuda
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 256
Age : 34
Lokasi : Karawaci - Bintaro - Puncak
Points : 309
Registration date : 30.04.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   24/11/2011, 00:21

nicky3113 wrote:
bro.. sy kan pengen ganti chemco nih.. mending pake ukuran brp nih ban nya yg pas? rencana pake bt 016 150/60.. tp si penjual blg mending 160/60.. jd bingung deh.. tq

Buat velg 4,5" sih 150/60 atau 160/60 ok ok aja bro, dua ukuran itu memang fitnya di velg 4,5". klo mau agak gak mepet ya 150, tapi 160 juga gak mepet2 banget si
Kembali Ke Atas Go down
http://cyber-ninja250r.darkbb.com
anggi_ax
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 191
Age : 23
Lokasi : yogyakarta
Points : 227
Registration date : 23.05.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   24/11/2011, 00:44

nice share bro.....
gelombang
jempol 10 deeeeh.........
+ buat treatnya...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
Red Barracuda
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 256
Age : 34
Lokasi : Karawaci - Bintaro - Puncak
Points : 309
Registration date : 30.04.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   24/11/2011, 01:23

anggi_ax wrote:
nice share bro.....
gelombang
jempol 10 deeeeh.........
+ buat treatnya...

just sharing bro Smile, thanks2
Kembali Ke Atas Go down
http://cyber-ninja250r.darkbb.com
nicky3113
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral


Male Number of posts : 121
Age : 32
Points : 147
Registration date : 01.09.11

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   24/11/2011, 20:18

top abis ts nya.. Smile jd byk pengetahuan neh.. hoho plus racun yg diam2 merasuk.. wakakaka
Kembali Ke Atas Go down
soulmate
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 513
Age : 28
Points : 532
Registration date : 11.03.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   26/11/2011, 11:51

misi suhu.. kalo mau ganti velg chemco trus pake bt 16 150/60 ga perlu ubah rantai y?kalo pake yg 160/60 harus ubah rantai?
Kembali Ke Atas Go down
http://iriveanu_vlad@hotmail.com
dimas
Jendral Besar
Jendral Besar


Male Number of posts : 4190
Age : 22
Lokasi : Karawaci, Tangerang
Points : 4333
Registration date : 26.06.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   27/11/2011, 10:13

soulmate wrote:
misi suhu.. kalo mau ganti velg chemco trus pake bt 16 150/60 ga perlu ubah rantai y?kalo pake yg 160/60 harus ubah rantai?
kalo pake ban 150/60 ga perlu tambah ranti bro Very Happy
kalo pake ban 160/60 perlu tambahin 1 atau 2 mata rantai tinggal di sesuaikan saja
Kembali Ke Atas Go down
Red Barracuda
Mayor Jendral
Mayor Jendral


Male Number of posts : 256
Age : 34
Lokasi : Karawaci - Bintaro - Puncak
Points : 309
Registration date : 30.04.10

PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   27/11/2011, 16:59

dimas wrote:
soulmate wrote:
misi suhu.. kalo mau ganti velg chemco trus pake bt 16 150/60 ga perlu ubah rantai y?kalo pake yg 160/60 harus ubah rantai?
kalo pake ban 150/60 ga perlu tambah ranti bro Very Happy
kalo pake ban 160/60 perlu tambahin 1 atau 2 mata rantai tinggal di sesuaikan saja

agree ma om dimas, biar gak repot plus handling tetep mantep 150 pilihan bijak mas bro huehehe
Kembali Ke Atas Go down
http://cyber-ninja250r.darkbb.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)   Today at 07:11

Kembali Ke Atas Go down
 
Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» Tyre Categories and Velg fitment (Bridgestone - Michelin - Dunlop)
» DUNLOP,PIRELLI,MICHELIN,BATLAX..mana n tipe ap paling ok?
» Rumus ban moge
» ( ASK ) Battlax - Michelin - Pirelli - Metzeler - Dunlop
» WTS : Ban Dunlop Sportmax D210 , Ex Yamaha R1 2010 , 99% (Yang mau pake velg lebar...)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ninja 250R Community :: NINJA 250R :: Ban dan Velg-
Navigasi: